ARTomeo Kedai Online Figurin ARTomeo

Search..

Followers

Popular Postss

Thought & Feeling

Graphic Design

Sastra Sufi

Interest

Last Comments

Blog

23 Jun 2009

Rajab, Bulan Tuhan

Rajab terdiri dari tiga huruf: ra, jim dan ba. Setiap huruf memiliki
arti sendiri-sendiri. Ra berarti rahmatun atau rahmat Allah; jim berarti
juudun, kedermawanan Allah dan ba, berarti birrun, kebaikan Allah.
-----*****----

Dalam kalender Islam, sore ini adalah hari terakhir Bulan Jumadil Akhir dan esok adalah awal bulan Rajab. (tanggal berganti pada waktu magrib) Setelah itu berturut turut akan masuk bulan Sya’ban dan Ramadhan. Tradisi Islam meyakini ketiga bulan ini (Rajab, Sya’ban dan Ramadhan) dipenuhi dengan kemuliaan dan keagungan. Jika Ramadhan adalah Bulan umat Islam, dan Sya’ban adalah bulan manusia penuh kasih Muhammad, maka Rajab adalah Bulan Tuhan, bulan yang penuh keagungan. Begitu agung, sehingga pada bulan ini umat muslim dilarang untuk memerangi orang kafir dengan kasih sayangnya. Selain adanya pelarangan tersebut, mereka pun banyak mengisi hari harinya di Bulan Rajab dengan amalan-amalan tertentu.

Aku tidak suka hitung-hitungan amalan baik dan buruk seperti yang sedang di-trend-kan oleh salah satu ustad di televisi. Bagiku ini namanya merendahkan makna ibadah. Tak ada lagi keikhlasan pada ibadah. Karena itu, bukan karena surga, bukan karena neraka, lebih baik ku berpuasa untuk bertemu diriNya.

Akan tetapi, sayangnya aku hanya miliki riwayat-riwayat yang terkesan seperti ibadah jual beli, hitung-hitungan, ada untung ada rugi, Ada neraka, ada surga. Walaupun ku yakin, para Imam mengatakan demikian hanya untuk menyederhanakan bahasa agar kebanyakan dari kita yang tidak mengerti mau memahami dan menyelami lautan ibadah. Sudah jelas mereka tahu hakikat yang sebenarnya jauh lebih nikmat dari sekedar pahala ini itu yang ia sebutkan. Ya, bagiku itu hanya iming-iming saja…tapi setelah kita melakukan itu semua dengan sepenuh hati, iming-iming itu akan kita tak pedulikan, karena nanti kita akan sadari sesuatu, bahwa janji sebuah pertemuan dengan diriNya jauh lebih menggiurkan. :D

Di bawah ini aku posting sedikit-riwayat yang dikumpul dan dituliskan oleh guruku yang tak ingin disebutkan namanya. Semoga tulisan ini berguna dan dapat menjadi pengantar untuk bertemu dengan diriNya.....

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw bahwa beliau bersabda, sesungguhnya Rajab adalah bulan Allah Yang Agung, tidak ada bulan yang mendekati kemuliaan dan keutamaannya. Berperang dengan orang-orang kafir pada bulan ini haram hukumnya. Ketahuilah bahwa Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku dan Ramadhan adalah bulan umatku. Siapa yang berpuasa satu hari dibulan ini, layak baginya memperoleh keridhaan Allah Yang Besar dan dijauhkan dari murka-Nya serta ditutup baginya satu pintu dari pintu-pintu neraka.
Diriwayatkan pula dari Musa ibn Ja’far as berkata, siapa yang berpuasa satu hari pada bulan rajab akan dijauhkan dari neraka selama perjalanan satu tahun. Dan siapa yang berpuasa tiga hari pada bulan rajab niscaya akan dimasukkan ke surga. Dan diriwayatkan pula bahwa Rajab adalah nama sungai di surga yang lebih putih dari susu, lebih manis dari madu, siapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab, niscaya Allah akan memberi minum dari sungai itu.

Diriwayatkan pula dari Imam Shadiq berkata, bersabda rasulallah saw Rajab adalah bulan istigfar bagi umatku, maka perbanyaklah di bulan ini membaca istigfar (memohon ampun kepada Allah). Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dinamakan Rajab dengan curahan, karena rahmat Allah tercurahkan sangat banyak di bulan ini , maka perbanyaklah memohon ampun dengan membaca,

اَسْتَغْفِرُوْا اللهَ وَاَسْأَلُهُ التَّوْبَةَ

Aku memohon ampunan kepada Allah dan

Aku memohon taubat kepada-Nya

Diriwayatkan Ibnu Babawaih dengan sanad yang muktabar dari Salim, berkata, aku masuk ke rumah Imam Shadiq pada bulan Rajab yang hampir selesai. Tatkala beliau melihatku seraya berkata, hai Salim apakah engkau berpuasa pada bulan ini? Aku menjawab, tidak ya putra rasulallah. Lalu Imam Shadiq berkata, sungguh engkau telah melewatkan pahala yang tidak ada yang mengetahui nilainya kecuali Allah Azza wa Jalla. Sesungguhnya bulan ini telah diutamakan oleh Allah dan dibesarkan kemuliaannya dan orang-orang yang berpuasa pada bulan ini akan diberikan kemuliaan. Aku berkata kepada Imam Shadiq, wahai putra rasulallah, apabila aku berpuasa pada akhir Rajab ini, apakah aku akan sampai dan memperoleh sebagian dari pahala orang-orang yang berpuasa? Imam Shadiq berkata, hai Salim, siapa yang berpuasa satu hari pada akhir bulan ini (Rajab) niscaya akan aman dari kesulitan sakaratul maut, aman dari kesulitan hari kiamat dan dari siksa kubur.

Siapa yang berpuasa dua hari pada akhir bulan ini, akan mudah melewati shirat. Siapa yang berpuasa tiga hari pada akhir bulan ini akan aman pada hari kiamat besar dari kesulitan dan kepedihannya, serta akan diberikan kebebasan dari neraka.

Diriwayatkan dari nabi Muhammad saw, siapa yang menghidupkan malam pertama bulan Rajab niscaya hatinya tidak akan mati saat hati yang lain mati. Dan Allah akan mencurahkan kebaikan dari atas kepalanya dan akan keluar dosanya bagaikan bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya. Pada malam pertama itu akan diberi syaraat sebanyak tujuh puluh ribu orang yang layak masuk neraka (hingga selamat). Ketahuilah sesungguhnya bulan Rajab adalah bulan Allah. Siapa yang berpuasa satu hari dengan iman dan ikhlas niscaya akan memperoleh keridhaan Allah yang besar. Siapa yang berpuasa dua hari dua hari Allah akan memberinya kemuliaan, siapa yang berpuasa tiga hari akan diselamatkan dari segala bala dunia dan azab akhirat, gila, penyakit belang dan fitnah dajjah. Siapa yang berpuasa tujuh hari, akan ditutup untuknya tujuh pintu neraka Jahanam, siapa yang berpuasa delapan ahri akan dibukakan untuknya delapan pintu suraga, siapa yang berupasa sepuluh hari semua yang dimintanya dikabul oleh Allah dan siapa yang berpuasa lima belas hari Allah mengampuni dosanya yang telah lalu dan diganti keburukannya dengan kebaikan. Dan siapa yang berpuasa lebih dari itu, Allah akan menambahkan pahalanya.
Siapa yang tidak mampu berpuasa pada bulan Rajab, hendaknya memperbanyak tasbih setiap hari seratus kali. Adapun tasbihnya sebagai berikut.

سُبْحَانَ الاِلَهِ الْجَلِيْلِ, سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنْبَغِى التَسْبِيْحَ اِلاَّ لَهُ سُبْحَانَ الاَعَزِّ الاَكْرَمِ, سُبحَانَ مَنْ لَبِسَ العِزَّ وَهُوَ لَهُ أَهْلٌ

Maha Suci Tuhan Yang Agung. Maha Suci Zat yang tidak layak tasbih kecuali untuk-Nya. Maha Suci Zat yang Maha Mulia. Maha Suci Zat Yang mengenakan kemuliaan dan Dia mempunyai orang yang memuji.

Amalan pada awal malam Rajab

1. Apabila melihat hilal bulan Rajab hendaklah membaca doa sebagai berikut,

اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالاَمْنِ وَالاِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالاِسْلاَمِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ

Ya Allah terbitkanlah hilal atas kami dengan aman dan iman, keselamatan dan islam. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah azza wa Jalla.

Diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw, sesungguhnya apabila beliau melihat hilal pada bulan Rajab seraya berdoa.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا شَهْرَ رَمَضَانَ وَاَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالِقِيَامِ وَحِفْظِ اللِّسَانِ وَغَضِّ الْبَصَرِ وَلاَ تَجْعَلْ حَظَّنَا مِنْهُ الْجُوْعَ وَالْعَطَشَ

Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami hingga bulan Ramadhan. Bantulah kami dalam menjalankan puasa dan qiyam, peliharalah lisan, dan tahanlah pandangan dan janganlah engkau jadikan bagian kami di bulan itu hanya lapar dan haus saja.

2. Mandi, diriwayatkan oleh sebagian ulama dari nabi Muhammad saw bersabda, siapa yang mendapatkan bulan Rajab, lalu mandi pada awal, pertengahan dan akhirnya, niscaya akan keluar dosanya bagaikan saat dilahirkan oleh ibunya.

3. Membaca doa Ziyarah Imam Husein

4. Hendaklah mendirikan shalat dua puluh rakaat sesudah shalat Magrib. Pada setiap rakaat membaca al fatihah dan al Ikhlas dan hendaklah salam pada setiap dua rakaat. Shalat ini didirikan untuk memelihara keluarga, harta dan anak serta terjaga dari azab kubur dan dapat melewati shirat seperti kilat tanpa hisab

5. Shalat sunnah dua rakaat ba’da Isya. Pada rakaat pertama membaca al fatihah, al Insyirah dan al Ikhlas tiga kali. Pada rakaat kedua membaca al fatihah, al Insyirah, al Ikhlas, al Falaq dan al Nas. Setelah salam membaca la ilaha illallah tiga puluh kali dan selawat kepada nabi dan keluarganya tiga puluh kali, niscaya Allah mengampuni dosa-dosanya bagaikan bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.

6. Memperbanyak doa


Amalan awal bulan rajab

1. Puasa, sungguh diriwayatkan bahwa nabi Nuh as naik ke perahunya pada awal bulan rajab dan beliau memerintahkan orang yang bersamanya berpuasa dan siapa yang berpuasa pada awal rajab akan dijauhkan dari neraka.

2. Mandi

3. Ziarah atau membaca doa ziyarah Imam Husein. Diriwayatkan oleh Imam Shadiq, siapa yang berziayarah kepada Imam Husein ibn Ali pada awal bulan rajab Allah akan mengampuninya.

4. Berdoa dengan doa yang panjang di bawah ini

5. Mendirikan shalat 30 rakaat. Sepuluh rakaat pada awal rajab, sepuluh pada pertengahannya dan sepuluh pada akhir bulan ini. Pada awal bulan Rajab hendaklah mendirikan shalat sepuluh rakaat dan membaca salam setiap dua rakaat. Pada setiap rakaat membaca al Fatihah satu kali, al Ikhlas tiga kali dan al Kafirun tiga kali. Setelah salam angkatlah kedua tangan sambil berdoa,

لاَ أِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
اَللّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Pada pertengahan bulan Rajab hendaklah mendirikan shalat sepuluh rakaat seperti pada awal Rajab. Setelah salam hendaknya membaca,

لاَ أِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ أِلَهًا وَاحِدًا أَحَدًا فَرْدًا صَمَدًا لَمْ يَتَّخِِذْ صَاحِبَةً وَلاَ وَلَدًا

Pada akhir rajab hendaklah mendirikan shalat seperti pada awal dan pertengahan rajab dan setelah salam membaca,

لاَ أِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Kemudian usaplah wajahmu dengan kedua tangan lalu sampaikanlah hajatmu kepada Allah Ta’ala.

Amalan malam pertengahan (tanggal 15) Rajab

1. Mandi
2. Menghidupkan malam ini dengan berbagai ibadah
3. Ziyarah Imam Husein
4. Shalat enam puluh rakaat sebagaimana dijelaskan sebelumnya yaitu sepuluh rakaat kedua.
5. Shalat tiga puluh rakaat, pada setiap rakaat membaca al fatihah satu kali, dan al ikhlas sepuluh kali. Diriwayatkan dari Nabi Muhammad saw bahwa shalat ini mempunyai keutamaan yang banyak.
6. shalat dua belas rakaat, setiap dua rakaat membaca salam. Setiap rakaat membaca surat al Fatihah, al Ikhlas, al Falaq, al Nas, Ayat Kursi dan surat al Qadar empat kali kemudian salam dan setelah salam membaca ini sebanyak empat kali, yaitu.

اللهُ اللهُ رَبِّي لاَ أُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا وَلاَ أَتَّخِذُ مِنْ دُوْنِهِ وَلِيًا

Allah Allah Tuhanku, aku tidak menyekutukan-Nya sedikitpun dan aku tidak menjadikan wali selain-Nya

Setelah selesai membaca doa ini, berdoalah dan mintalah hajatmu kepada Allah niscaya dikabulkannya.

Amalan pada hari tanggal 15 Rajab
1. Mandi
2. Ziyarah Imam Husein. Aku bertanya kepada Abu al Hasan al Ridha kapankah kita berziyarah kepada Imam Husein? Beliau menjawab, pada setengah bulan Rajab dan setengah bulan Sya’ban
3. Shalat sebagaimana dikemukakan di atas yaitu 10 rakaat hari pertengahan
4. Shalat empat rakaat dan apabila telah membaca salam angkatlah kedua tangan dan berdoalah,


اَللَّهُمَّ يَا مُذِلَّ كُلِّ جَبَّارٍ وَيَا مُعِزَّ الْمُؤْمِنِيْنَ اَنْتَ كَهْفِي حِيْنَ تُعِْيِيْنِي الْمَذَاهِبُ وَاَنْتَ بَارِئُ خَلْقِي رَحْمَةٌ بِي وَقَدْ كُنْتَ عَنْ خَلْقِي غَنِيًّا وَلَوْ لاَ رَحْمَتُكَ لَكُنْتُ مِنَ الْهَالِكِيْنَ وَاَنْتَ مُؤَيِّدِي بِالنُصْرِ عَلَى أَعْدَائِي وَلَوْ لاَ نَصْرُكَ أِيَّايَ لَكُنْتُ مِنَ الْمَفْضُوْحِيْنَ يَا مُرْسِلَ الرَّحْمَةِ مِنْ مَعَادِنِهَا وَمُنْشِئُُ الْبَرَكَةِ مِنْ مَوَاضِعِهَا يَا مَنْ خَصَّ نَفْسَهُ بِالْشَمُوْخِ وَالرَّافِعَةِ فَاَوْلِيَاؤُهُ بِعِزِّهِ يَتَعَزَّزُوْنَ وَيَا مَنْ وَضَعَتْ لَهُ الْمُلُوْكُ نِيْرَ الْمَذَلَّةِ عَلَى أَعْنَاقِهِمْ فَهُمْ مِنْ سَطَوَاتِهِ خَائِفُوْنَ اَسْأَلُكَ بِكَيْنُوْنِيَّتِكَ الَّتِى اِشْتَقَقْتَهَا مِنْ كِبْرِيَائِكَ وَاَسْأَلُكَ بِعِزَّتِكَ الَّتِى اِسْتَوَيْتَ بِهَا عَلَى عَرْشِكَ فَخَلَقْتَ بِهَا جَمِيْعَ خَلْقِكَ فَهُمْ لَكَ مُذْعِنُوْنَ اَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاَهْلِ بَيْتِهِ




No comments:

Latest

  • Pals


    © 2011 Filosof Toilet Basic Theme by Insight Inspired By this dude Full Retouch by Noi Butthei